Luka Bakar Knalpot : Apakah Kopi dan Pasta Gigi Membantu ?


PASTA GIGI & KOPI VS LUKA BAKAR ?

Tampaknya begitu banyak informasi yang beredar di masyarakat mengenai segala tips dan trik mengatasi luka bakar. Tidak jarang, informasi itu diturunkan dari mulut ke mulut seperti suatu “rahasia keluarga”. Pengalaman yang sering didengar adalah dengan mengoleskan pasta gigi atau menaburkan kopi pada daerah luka tersebut. Saya tidak tahu apakah luka bakar “suka” menyikat gigi atau “suka” minum kopi, namun secara medis hal-hal tersebut sangat tidak dianjurkan.

Alasan yang logis muncul saat kita berbicara mengenai reaksi pemanasan kimia dan kerentanan kulit yang sakit. Dengan proses pemanasan, bahan-bahan kimia dapat mengalami perubahan senyawa menjadi senyawa lain yang bisa jadi jauh berbeda fungsi dan tingkat keamanannya dibandingkan senyawa sebelumnya. Seandainya pasta gigi yang merupakan rangkaian senyawa mengalami kontak pada kulit luka bakar yang masih panas, maka sangat dimungkinkan terjadinya perubahan senyawa pada pasta gigi. Senyawa yang dihasilkan ini belum diketahui dampaknya bagi daerah luka bakar tersebut.

Saat kulit mengalami luka bakar, itu artinya pertahanan kulit sedang di”jebol”, sehingga kulit sangat rentan untuk terkena invasi dari luar. Senyawa kimia pasta gigi dan kopi merupakan bentuk invasi dari luar yang dapat semakin merusak pertahanan kulit. Jika pertahanan kulit penderita semakin menurun, maka kemungkinan terjadinya infeksi oleh kuman-kuman kulit akan sangat mungkin terjadi.
Kesimpulannya, perlakukan luka bakar sebagai luka yang layak mendapat pertolongan luka bakar, dibandingkan perlakuan luka bakar seperti gigi ataupun lidah yang ingin menikmati kopi.


History :
1. Kasus
2. Pembagian Luka Bakar
3. Pasta Gigi&Kopi
4. Penanganan Tepat
PDF Version

No comments:

Post a Comment

Apakah Anda memiliki pengalaman kesehatan seperti Artikel di atas ? Silakan berbagi kisah Anda dengan Kami....

Next Topic

> BERKENALAN DENGAN ANEMIA klik

> TRAUMA OLEH AIR KERAS klik




Anda Punya Saran atau Pertanyaan ? Silakan Hubungi Kami

Name

Email *

Message *