Cara Benar Mengatasi Kejang Demam di Rumah


 ENG Version

 Apa yang terpikirkan saat anak kita mengalami panas yang tinggi lalu diikuti dengan datangnya kejang ?  Bagi ayah dan bunda yang berpengalaman sekalipun, rasa cemas dan panik akan muncul. Bedanya, ayah dan bunda yang sudah berpengalaman akan segera mengatasi kejang demam dengan cara yang benar. Penting sekali untuk memahami cara benar mengatasi kejang demam di rumah sebab penanganan yang tepat di awal kejadian akan memberikan hasil yang baik bagi kesehatan anak. 

Ayah dan bunda harus ingat bahwa kejang demam adalah kejang yang diakibatkan atau diawali dengan adanya demam. Demam yang terjadi adalah demam karena proses di luar kepala/otak. Misalnya, infeksi saluran pernafasan sebagai sumber demam yang umum pada anak-anak. Berikut ini adalah tahapan cara benar mengatasi kejang demam di rumah yang dapat dilakukan oleh ayah dan ibu.

PENCEGAHAN

Turunkan Panas dengan Segera

Langkah pencegahan pertama cara benar mengatasi kejangdemam di rumah adalah menurunkan suhu tubuh anak. Kejang demam kemungkinan untuk terjadi akan semakin besar pada suhu lebih dari sama dengan 38 deraja celsius. Dengan menurunkan suhu di bawah 38 deraja celsius maka kemungkinan untuk terjadi kejang dapat dikurangi. Ayah dan Bunda dapat melakukan kompres ataupun obat penurun panas. Saat ini, paracetamol merupakan obat pilihan dalam menurunkan panas pada anak-anak.

Atasi Penyebabnya Sesegera Mungkin

Demam anak dapat kembali muncul apabila sumber penyebab panas belum diatasi. Pada kasus di mana anak memiliki riwayat kejang, maka penting untuk membawa anak ke dokter. Dokter akan melihat sumber penyebab timbulnya panas dan berusaha untuk mengatasinya. 

YANG DILAKUKAN SAAT KEJANG

Hentikan Kejang

Ayah dan Bunda dapat menghentikan kejang yang timbul dengan memberikan obat penghenti kejang, Diazepam. Saat ini, Diazepam telah dikemas dalam bentuk yang mudah untuk diberikan kepada anak pada waktu kejang. Diazepam dikemas dalam bentuk cair dan diberikan/dimasukan melalui dubur/anus. Patokannya, pada anak dengan berat di bawah 10 kg dapat diberikan Diazepam 5 mg. Pada anak dengan berat > 10 kg dapat diberikan Diazepam 10 mg. Stesolid merupakan salah satu kemasan Diazepam yang tersedia di pasaran.



Bagi Ayah dan Bunda yang belum berpengalaman, memberikan obat melalui dubur/anus tentu merupakan pengalaman yang kurang mengenakan. Untuk itu, Ayah dan Bunda perlu menanyakan kepada dokter atau tenaga medis cara untuk memberikan obat melalui dubur/anus. Bertanyalah dan berlatihlah sampai Ayah dan Bunda yakin mampu melakukannya, terutama bagi Ayah dan Bunda yang memiliki anak dengan riwayat kejang demam.


Perhatikan Jalan Nafas

Umumnya, anak yang mengalami kejang demam akan mengatupkan mulutnya seketika itu juga. Ayah dan Bunda harus memperhatikan lidah supaya tidak tergigit saat anak mengatupkan mulut. Memberikan pembatas yang lunak di antara gigi atas dan bawah akan mengurangi resiko tergigitnya lidah. Namun, harus DIWASPADAI penggunaan pembatas yang terlalu rapuh atau mudah patah. Jangan sampai patahan pembatas tertelan oleh anak dan mengganggu jalan nafasnya.

Jauhkan Benda Tajam, Panas, dan Beresiko Melukai Anak

Kejang merupakan gerakan menghentak yang tidak dapat dikontrol oleh anak. Ayah dan Bunda perlu memperhatikan lingkungan sekitar anak supaya anak tetap aman meskipun sedang mengalami kejang.

Bawalah ke Pelayanan Kesehatan Terdekat

Saat kejang mulai berhenti, Ayah dan Bunda dapat membawa anak ke pelayanan kesehatan terdekat. Di tempat pelayanan tersebut akan kembali dievaluasi keadaan umum anak dan akan dipertimbangkan apakah anak tersebut dapat dirawat di rumah dengan pemantaun (berobat jalan) atau rawat inap. Ayah dan Bunda harus memperhatikan keselamatan diri saat membawa anak ke pelayanan kesehatan. 

JANGAN TERGESA-GESA membawa anak ke pelayanan kesehatan tetapi mengabaikan keselamatan secara umum. Dengan penanganan seperti di atas, maka Ayah dan Bunda dapat SEGERA (bukan tergesa-gesa) membawa anak ke pelayanan kesehatan dengan lebih mempersiapkan diri. 

Itulah beberapa cara benar mengatasi kejang demam dirumah. Semoga dapat membantu Ayah dan Bunda mempersiapkan diri di rumah, dan selamat menjadi Orang Tua siaga.

Salam Sehat Selalu

26 comments:

  1. Nice Article. Untuk menstabilkan panas anak Anda agar tidak
    mengalami gangguan penyakit akibat suhu badan yang naik turun,
    ini ada link menarik untuk mendapatkan
    gelang ajaib pencegah step.

    ReplyDelete
  2. Siiip gan artikelanya, sebagai info, kejang demam bisa dicegah salah satunya dengan
    Gelang Step

    ReplyDelete
  3. Terimakasih gan atas infonya dan sukses selalu

    ReplyDelete

Apakah Anda memiliki pengalaman kesehatan seperti Artikel di atas ? Silakan berbagi kisah Anda dengan Kami....

Next Topic

> BERKENALAN DENGAN ANEMIA klik

> TRAUMA OLEH AIR KERAS klik




Anda Punya Saran atau Pertanyaan ? Silakan Hubungi Kami

Name

Email *

Message *