IMUNISASI PENTAVALEN, APA HEBATNYA ?



Di Tahun 2013 ini, anak-anak Indonesia mendapat “kado” kesehatan istimewa. Pada bulan Agustus, Menteri kesehatan RI telah mencanangkan penggunaan imunisasi pentavalen.  Sebagai tahap awal, imunisasi ini baru dilaksanakan di beberapa provinsi di Indonesia. Tentu saja, dengan adanya “kado” istimewa ini diharapkan tingkat kesehatan anak-anak Indonesia jauh lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Bagi orang tua yang baru pertama kali mendengar imunisasi pentavalen kami harapkan informasi berikut dapat memberikan sedikit wawasan mengenai imunisasi tersebut.


Pentavalen = Bersatu untuk Kesehatan Anak

Imunisasi Pentavalen merupakan penggabungan lima (penta) imunisasi yang sudah dikenal umum di Indonesia. Ke lima gabungan tersebut adalah : Hepatitis B, Dipteri, Pertusis, Tetanus, dan Hemophilus Influenza B. Jadi, Imunisasi Pentavalen bukanlah tambahan imunisasi dari imunisasi-imunisasi sebelumnya, melainkan imunisasi gabungan. 

Bagi orang tua yang sudah pernah membawa anaknya menjalani imunisasi di fasilitas kesehatan setingkat puskesmas tentu melihat ada satu tambahan imunisasi baru, yaitu Hemophilus Influenza B (HIB). Pada jadwal program imunisasi nasional 2008, imunisasi Hemophilus Influenza B tidak termasuk dalam Program Pengembangan Imunisasi (PPI). Artinya, untuk mendapatkan imunisasi HIB orang tua harus membayar karena bukan merupakan “tanggungan” pemerintah. Sedangkan pada jadwal program imunisasi nasional 2010 dan 2011 sudah tidak ada lagi istilah Program Pengembangan Imunisasi, sehingga orang tua bebas untuk memilih imunisasi-imunisasi yang hendak diberikan kepada anaknya. Meskipun demikian, BCG, Hepatitis B, Polio, DPT dan Campak masih wajib diberikan dan gratis. Dengan adanya Imunisasai Pentavalent maka Imunisasi HIB masuk dalam “tanggungan” pemerintah karena sudah terkandung dalam pentavalent tersebut.

Mengapa Perlu Imunisasi HIB ?

Dari sebuah studi epidemiologi, angka kematian pada anak (terutama bayi) di Indonesia tertinggi ke 2 disebabkan oleh Pneumonia (infeksi paru). Ternyata, pada kasus pneumonia serius ditemukan bahwa 23 % disebabkan oleh bakteri Hemophilus Influenza B (HIB). Tidak saja menyebabkan pneumonia, dalam studi di Spanyol, dari 414 kasus meningitis bakteri (radang selaput otak yang disebabkan oleh bakteri) ditemukan setengah penyebabnya adalah bakteri HIB. Jadi, HIB dapat menyebabkan penyakit yang mematikan bagi anak, diantaranya meningitis, pneumonia, dan otitis. Apakah menurut Anda perlu menjaga anak Anda dari infeksi bakteri yang berbahaya ini ?

Jadwal Imunisasi Berubah ?

Adanya “barang baru” biasanya akan menyebabkan perubahan pola imunisasi. Berikut perubahan jadwal dari waktu ke waktu imunisasi:




3 comments:

  1. contoh jadwal imunisasi pentavalen bagaiman ??

    ReplyDelete
  2. Halo, Anonym
    Untuk jadwal imunisasi pentavalen dapat di lihat pada gambar ke 3 di atas. Gambar tersebut menunjukan periode imunisasi yang disarankan.

    Salam sehat selalu

    ReplyDelete
  3. Klo anak saya usia 2bln sudah dapat imunisasi dpt combo apa bulan berikutnya bisa lanjut dg imunisasi pentavalen apa gak ada efek sampingnya

    ReplyDelete

Apakah Anda memiliki pengalaman kesehatan seperti Artikel di atas ? Silakan berbagi kisah Anda dengan Kami....

Next Topic

> BERKENALAN DENGAN ANEMIA klik

> TRAUMA OLEH AIR KERAS klik




Anda Punya Saran atau Pertanyaan ? Silakan Hubungi Kami

Name

Email *

Message *