Luka Bakar Knalpot : Deraja Luka Bakar


PEMBAGIAN DERAJAT LUKA BAKAR

Berdasarkan derajatnya, luka dibagi menjadi 3. Pembagian ini disesuaikan dengan tingkat kedalaman luka bakar pada lapisan kulit (Tabel.1). Semakin dalam atau semakin tinggi derajat luka, maka penanganan akan semakin sulit. Artinya, semakin sulit pula untuk mencapai bentuk dan warna kulit seperti semula.

Tabel 1 : Derajat Luka Bakar
Derajat
Lapisan Kulit Terkena
Penampakan
I
Superfisial/epidermis
Kulit merah, jarang muncul bintik-bintik berisi air, nyeri saat disentuh. Akan membaik dengan cepat dan membentuk gambaran kulit seperti normal/sebelumnya
IIa
Mengenai daerah epidermis-dermis
Kulit merah, sering terbentuk bintik-bintik atau benjolan berisi air (bulla), masih ditemukan rambut dan kelenjar keringat. Sembuh dalam 10 – 14 hari tanpa menimbulkan bekas luka (sikatrik)
IIb
Lebih dalam dari Iia, kulit semakin pucat (lebih putih), rambut kulit berkurang, rasa nyeri masih dirasakan namun berkurang. Memerlukan waktu sekitar 1 bulan untuk pulih dan sering menimbulkan bekas luka
III
Subkutis - otot/tulang
Kulit menghitam (meng-arang), tidak terdapat rambut, saat disentuh tidak akan merasakan sakit. Perlu tindakan operasi untuk mengembalikan bentuk kulit semula.

Sumber : http://www.burn-recovery.org/images/burn-classification.jpg
PEMBAGIAN FASE LUKA BAKAR (WAKTU)

Jika dikaitkan dengan waktu terjadinya luka/fase-fase luka bakar, maka Luka bakar dapat dibagi menjadi 3, yaitu fase Akut, Subakut, dan Lanjut.
  • Fase Akut
       Fase di awal terjadinya luka bakar. Fase ini merupakan fase yang penting karena penanganan berikutnya tergantung pada penanganan di fase akut ini. Pada kasus luka bakar yang besar atau mengancam nyawa, fase akut adalah fase yang sangat kritis. Kesalahan dalam penangana di fase ini akan berakibat buruk bagi kondisi penderita.

  • Fase Subakut
Fase di mana terjadinya proses-proses peradangan pada daerah luka hingga proses penyembuhan dimungkinkan terjadi.
  • Fase Lanjut
Fase setelah terjadinya penyembuhan. Pemantauan penderita setelah memasuki fase ini masih dirasa perlu untuk melihat perbaikan yang optimal pada kulit.


History :
1. Kasus
2. Pembagian Luka Bakar
3. Pasta Gigi&Kopi
4. Penanganan Tepat
PDF Version

No comments:

Post a Comment

Apakah Anda memiliki pengalaman kesehatan seperti Artikel di atas ? Silakan berbagi kisah Anda dengan Kami....

Next Topic

> BERKENALAN DENGAN ANEMIA klik

> TRAUMA OLEH AIR KERAS klik




Anda Punya Saran atau Pertanyaan ? Silakan Hubungi Kami

Name

Email *

Message *