Pentingnya Waktu bagi Kesehatan



Sering kali saat kita mendapatkan perawatan di Klinik atau rumah sakit, dokter akan menanyakan mengenai waktu awal munculnya keluhan sakit kita. Pertanyaan sederhana ini sangat membantu dokter dalam menentukan kemungkinan penyakit/penyebab keluhan yang kita alami. Perbedaan waktu sehari saja dapat merubah pertimbangan diagnosis dalam pikiran dokter. Perubahan itu tentunya kana merubah pula pengobatan yang akan diberikan.

Sebagai contoh pada saat seorang anak SD datang ke klinik bersama orang tua-tuanya mengeluhkan demam. Dokter akan bertanya :
"Sejak kapan demam ini muncul?"

Maka jawaban dari sang anak akan membantu dokter dalam memingkirkan kemungkinan penyakit. Panas sejak satu hari dapat mengarahkan pada infeksi oleh karena virus ataupun reaksi imunologis. Sebagai contohnya demam pada penyakit Demam Berdarah. Demam yang terjadi lebih dari satu hari (semisal 3 hari) dapat dikarenakan infeksi bakteri, contohnya pada penderita infeksi paru-paru (pneumonia). Ciri demam yang khas lainnya adalah pada penyakit Thypoid (Tifus) yang memiliki awal kemunculan demam 1-2 minggu sebelumnya.

Hal penting yang perlu diperhatikan mengenai waktu (yang mungkin diperlukan dokter saat menentukan diagnosis, misalnya demam) adalah :

1. Awal kemunculannya (...hari yang lalu)
2. Saat paling sering munculnya demam (saat siang hari, malam hari, sepanjang hari)
3. Antara waktu awal kemunculan demam hingga saat ini apakah tetap demam? hilang timbul? demam tinggi?


Jadi, pertanyaan sederhana ini akan sangat membantu terciptanya kesehatan bagi diri kita. Memberikan informasi yang tepat akan memberikan kesembuhan yang cepat pula bagi kita.

Salam Sehat Selalu,

dr.yN

No comments:

Post a Comment

Apakah Anda memiliki pengalaman kesehatan seperti Artikel di atas ? Silakan berbagi kisah Anda dengan Kami....

Next Topic

> BERKENALAN DENGAN ANEMIA klik

> TRAUMA OLEH AIR KERAS klik




Anda Punya Saran atau Pertanyaan ? Silakan Hubungi Kami

Name

Email *

Message *