Dermatitis Statis (2)

Epidemiologi
Penyakit ini sering muncul pada orang dengan aktivitas berdiri lama sehingga terjadi tekanan pada pembuluh darah vena yang tinggi. Pada penderita dengan usia tua, dan dibarengi oleh penyakit sistemik seperti diabetes, maka aliran darah akan mengalami perlambatan di tungkai bawah. Perlambatan ini akan mempengaruhi perbedaan tekanan pembuluh darah arteri dan vena sehingga dapat menimbulkan kebocoran (seperti diulas pada etiologi).
Gambaran Klinis
Secara penampakan, di awal penyakit, akan ditemukan gambaran varises dan pembengkakan pada tungkai bawah. Kulit akan mengalami kemerahan pada bagian medial atau lateral tungkai bawah, hingga akhirnya akan menjadi merah kehitaman (hiperpigmentasi), dengan peninggian kulit yang luas (gambaran plak), dan skuama halus oleh karena garukan, pada 1/3 tungkai bawah. Antara daerah hiperpigmentasi dengan daerah sekitarnya dapat dengan jelas dibedakan (berbatas tegas) namun sering kali ditemukan gambaran yang tidak berbatas tegas. Semakin lama, daerah yang hiperpigmentasi ini akan menebal dan mengalami fibrotik sehingga menunjukkan gambaran botol yang terbalik.

Mengetahui bagaimana etiologi penyakit, maka sering kali ditemukan adanya luka ulkus pada permukaan plak. Luka ini dikenal sebagai ulkus verukosus. Pada daerah kaki, di betis, dapat dilihat adanya varises, dengan pembuluh darah vena berdungkul-dungkul.




No comments:

Post a Comment

Apakah Anda memiliki pengalaman kesehatan seperti Artikel di atas ? Silakan berbagi kisah Anda dengan Kami....

Next Topic

> BERKENALAN DENGAN ANEMIA klik

> TRAUMA OLEH AIR KERAS klik




Anda Punya Saran atau Pertanyaan ? Silakan Hubungi Kami

Name

Email *

Message *