Ebola, Siapkah Kita Menghadapinya ?




Sepuluh tahun yang lalu untuk pertama kali Saya mendengar penyakit ebola. Sebuah buku dokumenter dan sebuah artikel di majalah Kompas mengenalkan Saya pada penyakit yang sangat mematikan ini. Tingkat kematiannya sangat tinggi, jauh lebih mengerikan daripada virus HIV (yang baru mampu membunuh manusia dalam hitungan tahun), ataupun virus demam berdarah (yang masih bisa diobati).

Kemunculan kembali penyakit ini di beberapa negara di Afrika (yang sekarang sedang berkutat di negara Guenia) menimbulkan signyal alarm  untuk mencegah penyebaran penyakit ini. Sangat mengerikan jika virus ini menyebar ke negara lainnya. Seperti yang sudah Saya jelaskan sebelumnya, penyakit ini sulit diatasi. Pertama, tingkat kematiannya tinggi (mendekati 90%) dalam hitungan hari. Kedua, belum ada obat maupun vaksin yang menyembuhkan.

Indonesia sampai saat ini belum memiliki data mengenai serangan virus ebola. Ada keuntungan maupun resiko kerugiannya. Pertama, itu artinya Indonesia masih aman dari sepak terjang virus ebola. Namun, potensi resikonya juga ada. Karena tidak pernah terjadi serangan virus ebola, pengalaman mengenai penanganan komprehensif penyakit ini sangat minim. Tenaga kesehatan akan sangat sulit untuk mendiagnosis penyakit perdarahan ebola dibandingkan tipe penyakit perdarahan lainnya. Padahal, tidak ada negara yang aman dari penyebaran penyakit di arus globalisasi dewasa ini. Orang dapat pindah dari satu negara ke negara lain. Ditambah lagi perubahan iklim akan mempengaruhi penyebaran hewan-hewan sebagai “reservoir” virus Ebola ini.

Untuk memperkenalkan lebih jauh mengenai penyakit ini, beberapa artikel ke depan akan menjelaskan sedikit mengenai penyakit perdarahan Ebola. Gunanya untuk mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan terjadinya serangan virus Ebola di Indonesia.
Salam sehat selalu.

1 comment:

  1. Hallo kepada semua pecinta judi online
    Agen terpercaya 100% di indonesia

    kristalpoker menyediakan 7 game

    Game yang di sediakan oleh kristalpoker :
    - Sakong (New Game)
    - Bandar Poker (New Game)
    - BandarQ (Hot Game)
    - Poker
    - Domino
    - Capsa Online
    - AduQ

    1. deposit dan withdraw hanya rp.15.000
    2. Bonus Turnover 0,3% Setiap minggunya
    3. Extra Bonus Cashback Setiap Minggunya
    4. Bonus Referral 10%+10% Seumur Hidup
    5. Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.
    6. MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses cepat 1 menit

    silakan bergabung ya bagi yang belum terdaftar jadi member kristalpoker
    jika ada kendala dalam pendaftaran atau kendala lainnya ,silakan hubungi CS kami langsung ya.

    ReplyDelete

Apakah Anda memiliki pengalaman kesehatan seperti Artikel di atas ? Silakan berbagi kisah Anda dengan Kami....

Next Topic

> BERKENALAN DENGAN ANEMIA klik

> TRAUMA OLEH AIR KERAS klik




Anda Punya Saran atau Pertanyaan ? Silakan Hubungi Kami

Name

Email *

Message *