Tips Mengeluarkan Serangga Di Mata



Bagi pengendara motor, sering kali serangga kecil yang beterbangan di jalan tanpa sengaja masuk ke mata. Waduh! Mata terasa sakit dan tidak enak. Syukur-syukur jika serangga kecil itu dapat langsung keluar. Malahan, seranggan kecil itu menempel di sisi mata dan kelopak bagian dalam.

Apa yang sering Anda lakukan ? 

Beberapa orang berusaha mengeluarkannya dengan meminta bantuan orang lain untuk meniup keras-keras ke bagian mata. Ada juga yang berusaha mengelurkan dengan mengalirkan air keran di daerah mata. Lebih berani lagi, ada yang berusaha mengeluarkan dengan menggunakan alat seperti cutton but.

Jika salah satu dari cara di atas berhasil mengeluarkan serangga tersebut, yah, berarti patut disyukuri. Namun, ada satu tips yang bisa digunakan –yang tidak berbahaya sekaligus terbukti membantu mengeluarkan serangga tersebut secara alamiah.

Pertama, yakinkan jika memang ada serangga di daerah mata atau kelopak bagian dalam.

Kedua, basahi permukaan mata dengan air mata buatan (obat yang sering ditemukan di pasaran dengan nama dagang Cendolyters).

Ketiga, kedip-kedipkan mata lebih sering dari sebelumnya. Kedipan mata secara alamiah akan mengalirkan air mata menuju bagian tengah sudut mata (bagian sudut mata yang dekat pangkal hidung).

Nah, seiring air mata mengalir menuju sudut mata bagian tengah, serangga yang menyangkut itu akan ikut mengalir ke tengah. Jika seranggan kecil itu sudah berhenti di sudut mata bagian tengah, maka mengambil serangga itu dengan jari akan lebih mudah, semudah mengambil kotoran mata di pagi hari. Untuk lebih meyakinkan aliran air mata menuju ke tengah, posisikan kepala agak miring. Kemiringan ini membuat gaya gravitasi membantu gerakan aliran air mata.

Bagaimana menurut Anda ? Mudah, kan ? Semoga tips ini dapat berguna bagi Anda. Salam sehat selalu.

No comments:

Post a Comment

Apakah Anda memiliki pengalaman kesehatan seperti Artikel di atas ? Silakan berbagi kisah Anda dengan Kami....

Next Topic

> BERKENALAN DENGAN ANEMIA klik

> TRAUMA OLEH AIR KERAS klik




Anda Punya Saran atau Pertanyaan ? Silakan Hubungi Kami

Name

Email *

Message *