Organ Reproduksi Pria



Memulai perbincangan mengenai kesehatan reproduksi, baik kiranya dimulai dengan perkenalan lebih dekat organ reproduksi. Organ reproduksi pada manusia memiliki ke-khas-an antara pria dan wanita, baik tampilan luar maupun dalamnya. Sehingga, dengan sekali melihat saja Anda sudah mampu membedakan mana pria atau wanita. Tubuh manusia merupakan hasil evolusi jutaan tahun sehingga setiap organ reproduksi yang dimiliki sudah mengalami tahap seleksi berdasarkan fungsinya dan estetikanya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai organ reproduksi pria (dan wanita) dari penampakan luar maupun dalam.


Tampakan Luar


Tampakan Dalam

Organ Reproduksi Pria mudah untuk diamati. Dari penampakan luar, organ reproduksi pria dikenal dengan sebutan Penis. Penis merupakan penonjolan saluran uretra yang ditopang oleh “penyangga” spongiosum. Seperti sebuah aliran pipa, jika ditelusuri lebih dalam, uretra akan melewati beberapa bagian (seperti yang terlihat pada gambar). Saluran urethra ini terhubung dengan beberapa saluran, diantaranya saluran kelenjar Cowpers, saluran ejakulator, saluran semen, saluran vas deferens, dan saluran buli-buli. Saluran-saluran ini akan matang (berfungsi dengan optimal) sesuai dengan perkembangan usia. Masing-masing saluran memiliki fungsi tersendiri. Karena fokus pembahasan mengenai masalah reproduksi, maka saluran vas deferens, saluran ejakulator, saluran semen, dan saluran kelenjar Cowpers yang lebih dibahas. 

Sungguh mengagumkan, bukan ? Ternyata yang tampak dari luar memiliki struktur yang jauh lebih kompleks di dalamnya. Bagaimana proses pembentukan cairan mani pada pria? Akan dibahas pada topik berikutnya dalam Sex-turday.

No comments:

Post a Comment

Apakah Anda memiliki pengalaman kesehatan seperti Artikel di atas ? Silakan berbagi kisah Anda dengan Kami....

Next Topic

> BERKENALAN DENGAN ANEMIA klik

> TRAUMA OLEH AIR KERAS klik




Anda Punya Saran atau Pertanyaan ? Silakan Hubungi Kami

Name

Email *

Message *