Efek Dot pada Bayi Anda

ENG Version
Barangkali, salah satu penemuan yang menggembirakan di dunia ini adalah ditemukannya Dot bagi bayi. Para ibu atau orang tua yang aktif merawat anaknya tentu menyadari "berkah" dari ditemukannya Dot. Intinya, dengan adanya Dot maka proses merawat bayi semakin dimudahkan karena orang tua tidak terlalu terganggu apabila di waktu-waktu tertentu keinginan untuk menghisap si buah hati timbul(khususnya saat tengah malam).

Kegembiraan para ibu itu barangkali mulai terganggu dengan banyak pemberitaan bahwa penggunaan Dot tidak aman bagi si buah hati. Dot mulai dianggap "musuh" bagi pendukung gerakan ASI. Tentu menjadi pertanyaan : apakah benar Dot sangat tidak aman bagi bayi? Perlukah kita menolak dengan tegas penggunaan Dot? Beberapa informasi ini barangkali dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam menentukan pilihan Anda :

DOT PRO PENENANG

Dalam suatu studi diketahui bahwa dot mampu memberikan efek penenang pada bayi di bawah umur 6 bulan saat hendak dilakukan prosedur medis ringan. Perasaan aman dan nyaman selama menge-dot memberikan ketenangan pada bayi saat dilakukan tindakan sehingga mengurangi waktu menangis. Efek penenang Dot pada tindakan medis ringan yang telah diteliti antara lain pemasangan kateter, sunat (sirkumsisi), pemasangan infus, puncsi lumbar, skreening retinopathy pada kasus prematur, dan venipuncture.

DOT PRO BAYI PREMATUR

Dot diketahui mempercepat kemampuan bayi prematur untuk menggunakan kemampuan menghisap oral-nya (menggunakan mulut) sehingga waktu penggunaan infus dapat
dikurangi. Mekanisme menetek pada dot mampu memperkuat otot-otot di daerah mulut sehingga digunakan sebagai latihan pada bayi prematur. Hasilnya, kemampuan bayi prematur untuk menggunakan botol dot meningkat, waktu penggunaan infus sebagai jalur nutrisi berkurang, dan waktu tinggal di rumah sakit semakin berkurang.

DOT PRO PENURUNAN SIDS

SIDS (Sudden Infant Death Syndrome = Sindrom Kematian Mendadak pada Bayi) umumnya terjadi pada bayi dengan posisi tidur yang tengkurap (kepala menghadap ke bawah), mengalami masalah menelan sehingga sisa makanan masih sering keluar melalui mulut meskipun sedang tertidur (orang jawa sering menggunakan istilah gumuh-red), dan henti nafas tiba-tiba saat tidur. Dengan penggunaan dot tampaknya permasalahan tersebut dapat teratasi. Untuk itu, Dot dapat diberikan saat bayi hendak tidur dan ditunggu hingga dot terlepas sendiri oleh karena tertidur.

Beberapa kelebihan Dot pada bayi itu perlu diimbangi pula kendala yang mungkin ditimbulkan oleh karena penggunaan Dot pada bayi, diantaranya : ASI, Infeksi,Otitis Media, dan Gangguan pertumbuhan gigi.

Kendala Penggunaan Dot pada Bayi NEXT

No comments:

Post a Comment

Apakah Anda memiliki pengalaman kesehatan seperti Artikel di atas ? Silakan berbagi kisah Anda dengan Kami....

Next Topic

> BERKENALAN DENGAN ANEMIA klik

> TRAUMA OLEH AIR KERAS klik




Anda Punya Saran atau Pertanyaan ? Silakan Hubungi Kami

Name

Email *

Message *