Efek Dot Pada Bayi Anda (2)


Kendala Penggunaan Dot
DOT VS ASI

Topik yang hangat diangkat mengenai efek penggunaan Dot adalah pengaruhnya terhadap pemberian ASI (Air Susu Ibu). Banyak orang berpendapat bahwa pemberian dot akan menghambat program ASI eksklusif. Bayi yang menggunakan Dot sejak dini menyebabkan kemampuan untuk menghisap payudara alami jauh berkurang karena telah terbiasa untuk menghisap puting buatan (dot). Dengan berkurangnya kemampuan menghisap pada payudara ibu maka pemberian ASI eksklusif rentan untuk mengalami kegagalan.

Kenapa demikian?

Bagaikan sebuah siklus sebab akibat, payudara ibu yang kurang stimulasi hisapan oleh bayi akan mengalami penurunan produksi ASI. Berkurangnya produksi ASI justru disikapi oleh banyak orang tua dengan pemberian Dot pada anak. Akhirnya, kemampuan menghisap anak semakin menurun dan ASI pun semakin berkurang. Hasilnya, ASI eksklusif rentan untuk gagal diberikan.

Menyadari pentingnya ASI bagi perkembangan anak, para Ahli menyarankan penggunaan dot hanya setelah bayi mampu menghisap (dengan mantap) pada puting susu/payudara alami. Rata-rata waktu yang dibutuhkan seorang bayi untuk mampu menghisap pada puting susu adalah satu bulan.

DOT VS INFEKSI

Penggunaan dot yang tidak higienis memiliki potensi untuk menyebarkan bibit penyakit bagi bayi. Beberapa penelitian menunjukan bahwa Dot merupakan "rumah" yang baik bagi beberapa koloni bakteri dan jamur Candida. Infeksi yang mungkin terjadi pada bayi yang menggunakan Dot adalah gangguan telinga (Otitis Media) dan infeksi pada gigi. Salah satu caranya tentu saja menjaga higienitas Dot supaya selalu bersih saat digunakan.

DOT VS OTITIS MEDIA

Otitis Media merupakan infeksi yang terjadi pada telinga bagian tengah. Struktur saluran telinga pada bayi lebih dekat dengan daerah mulut dan belum memiliki sistem proteksi yang kurang baik dibandingkan struktur telinga orang dewasa. Oleh karena struktur ini, gangguan pada daerah mulut akan memudahkan terjadinya gangguan pada struktur telinga bagian tengah. Pada pengguna Dot ditemukan kasus Otitis media yang meningkat. Barangkali kejadian ini terkait dengan gangguan pertumbuhan gigi dan meningkatnya kemungkinan infeksi pada penggunaan dot yang tidak higienis. Para peneliti di AAP (American Academy of Pediatry) menyarankan untuk mengurangi atau menghentikan secara total penggunaan dot pada anak-anak di usia 6 bulan ke atas untuk menghindari terjadinya Otitis Media.

DOT VS GANGGUAN PERTUMBUHAN GIGI

Tidak bisa dipungkiri bahwa Dot memiliki tekstur yang berbeda dengan payudara alami. Tekstur ini berpengaruh pada pertumbuhan gigi anak di kemudian hari. Dari hasil penelitian diketahui bahwa anak-anak yang masih menggunakan dot di usia 24 bulan ( 2 tahun ) maka pertumbuhan gigi anak akan terganggu (misalnya gigi atas dan gigi bawah tidak simetris saat mengatup). Penelitian menunjukkan kasus malocclusi semakin meningkat seiring semakin lama penggunaan Dot pada anak. Melihat hasil penelitian ini, perkumpulan dokter gigi anak di Amerika (AAPD dan ADA) merekomendasikan untuk menghentikan secara aktif penggunaan Dot di usia 4 tahun ke atas.

Di samping itu, meskipun hasil penelitian belum menunjukan hasil yang konsisten, pemberian gula pada Dot juga berpengaruh pada terjadinya peningkatan karies gigi anak. Untuk menghindari hal tersebut, Anda sebaiknya tidak selalu memberikan olesan gula cair pada Dot anak.

So, setelah uraian singkat efek Dot pada bayi, bagaimana pilihan Anda dalam menggunakan Dot? Tentunya harapan banyak orang adalah merawat anak dengan sehat, aman, dan mudah. Semoga dengan informasi singkat ini dapat menentukan pilihan yang sesuai dengan semangat sehat, aman, dan mudah tersebut.

Salam sehat selalu.

Sumber :
 1. Ari Yunanto. Masalah Penggunaan Dot pada Bayi. situs : http://www.idai.or.id/asi/artikel.asp?q=201239105845, akses : 1 Agustus 2012.
2. Bamirus Mikail, Asep Candra. Waspadai Efek Samping Penggunaan Dot. Situs : http://health.kompas.com/read/2012/05/06/16245774/Waspadai.Efek.Samping.Penggunaan.Dot, akses 1 Agustus 2012.
3.Will a dummy interfere with the development of my baby's teeth?. Situs : http://www.babycentre.co.uk/baby/dailycare/dummy&teethexpert/, akses : 1 Agustus 2012.
4. Sumi Sexton and Ruby Natale.2009. Risk dan Benefitsof Pacifiers.Am Fam Physician; 79(8):681-685

No comments:

Post a Comment

Apakah Anda memiliki pengalaman kesehatan seperti Artikel di atas ? Silakan berbagi kisah Anda dengan Kami....

Next Topic

> BERKENALAN DENGAN ANEMIA klik

> TRAUMA OLEH AIR KERAS klik




Anda Punya Saran atau Pertanyaan ? Silakan Hubungi Kami

Name

Email *

Message *