Apa itu Muscular Dystrophy ?


ENG Version
muscular dystrophy, apa itu muscular dystrophy
Muscular Dystrophy
Kelainan otot Muscular Dystrophy Progressiva atau Distrofia Musculorum Progressiva mungkin jarang terdengar bagi kebanyakan orang. Namun, penyakit ini bukanlah penyakit yang baru dikenal. Tampaknya, Distrofia Muscular  mulai didengar di kalangan umum lagi sejak penampilan seorang remaja dengan penyakit ini di salah satu acara televisi lokal, Hitam Putih. Mungkin masih beberapa yang belum mengenal penyakit Distrofia Musculorum Progressiva ini. Sedikit ulasan dari Tim PHC kali ini mungkin dapat memberikan sedikit gambaran bagi Anda.

Apa itu Distrofia Musculorum Progressiva (DMP)?

Distrofia Musculorum Progressiva merupakan gangguan pada otot yang menyebabkan kelumpuhan otot dengan masa otot yang menurun. Jadi, kelemahan yang terjadi bukan disebabkan oleh saraf, namun karena gangguan pada otot.

Apa yang menyebabkan terjadinya Distrofia Musculorum Progressiva ini ?

Beberapa teori telah dikeluarkan oleh para ahli. Salah satu yang diterima umum adalah teori kebocoran sarkolema otot. Sarkolema merupakan penyusun otot sehingga otot dapat berkontraksi. Kontraksi otot bersama dengan tulang akan menimbulkan gerakan. Apabila fungsi kontraksi otot terganggu, maka fungsi otot sebagai penggerak dan fungsi penopang akan terganggu.

Jika fungsi otot terganggu, penderita DMP tidak dapat bergerak ?

Benar. Apabila keparahan penyakit semakin meningkat (dan ini sering terjadi) maka penderita akan suilt bergerak, hingga pada akhirnya tidak dapat bergerak. Saat hendak berdiri, penderita akan bersusah payah melalui fase merangkak, menggunakan kaki sebagai penompang tangan, dan berusaha untuk menegakkan badan. Karena kelemahan otot ini, saat berdiri, penderita tampak berpostur lordosis.

Bagaimana penyebaran penyakit ini ?

Penyakit ini tidak dapat menular, namun dapat diturunkan. Artinya terkait dengan hubungan darah/pohon keturunan. Proses penurunannya sesuai dengan tipe Distrofia Musculorum Progressiva ini. Umumnya, penyakit ini sudah mulai muncul sejak usia anak-anak dan semakin memburuk seiring bertambahnya waktu.

No comments:

Post a Comment

Apakah Anda memiliki pengalaman kesehatan seperti Artikel di atas ? Silakan berbagi kisah Anda dengan Kami....

Next Topic

> BERKENALAN DENGAN ANEMIA klik

> TRAUMA OLEH AIR KERAS klik




Anda Punya Saran atau Pertanyaan ? Silakan Hubungi Kami

Name

Email *

Message *