Hepatitis A


: Perang melawan Hepatitis A

Salah satu penyebab paling umum hepatitis akut adalah hepatitis A. Hepatitis yang disebabkan oleh virus ini memiliki perbedaan cara penularan dibandingkan dengan hepatitis lainnya, yaitu penyebaran secara fecal-oral. Dengan penanganan yang baik, hepatitis A dapat sembuh total tanpa menyebabkan gangguan hati.

ETIOLOGI
Hepatitis A disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV) yang memiliki karakter :
  • Tidak ber-envelope
  • RNA positif

: Gambar virus Hepatitis A di bawah mikroskop elektron

Virus ini masuk melalui rute fekal-oral. Artinya, penyebaran tersering virus ini adalah melalui makanan yang dikonsumsi penderita. Virus akan masuk melalui saluran pencernaan menuju darah. Bersama peredaran darah, virus akan menuju hati. Di hati, virus akan menginfeksi sel hati (hepatocyte) dan berusaha untuk memperbanyak diri (replikasi). Sel hati yang terinfeksi virus hepatitis akan mengalami kemunduran fungsi dan akan dihancurkan oleh sistem pertahanan tubuh, yaitu antigen-spesifik T Limphocyte. Sel hati yang hancur itu akan mengeluarkan zat sisa yang turut beredar bersama darah sehingga menunjukkan gejala hepatitis.

EPIDEMIOLOGI
Barangkali penyakit hepatitis A merupakan salah satu penyakit yang sesuai dengan peribahasa : apa yang kamu makan menentukan kesehatanmu. Hepatitis A dapat ditularkan antar manusia melalui rute fekal-oral. Dari hasil penelitian diketahui bahwa virus hepatitis A banyak didapatkan pada feses/kotoran manusia, sehingga tanah maupun air yang terkena feses ini terkontaminiasi. Dengan tingkat sanitasi yang rendah, cara makan, dan jenis makanan yang tidak higienis maka penularan virus hepatitis A dapat mudah menyebar. 

: Kebiasaan buruk sebagai faktor resiko infeksi virus
 
Masyarakat yang belum pernah terinveksi virus hepatitis A atau belum pernah mendapatkan vaksin hepatitis A memiliki resiko tinggi untuk terkena hepatitis A di daerah yang berpredikat endemis Hepatitis A. Di samping itu, resiko penyebaran hepatitis A dapat pula disebabkan perilaku seksual yang tidak biasa, seperti misalnya perilaku anal-oral. Infeksi melalu transfusi darah yang tidak tersaring dengan baik dapat pula menjadi sumber penularan virus, namun sangat jarang dilaporkan.

GEJALA DAN TANDA
Gejala hepatitis A menyerupai gejala hepatitis akut seperti rasa tidak enak pada perut hingga menyebabkan nyeri perut pada kuadran kanan atas yang tiba-tiba. Terkadang penderita merasakan kembung pada perut meskipun tidak mengkonsumsi makanan secara berlebih. Penderita sering merasakan demam dan lemas. Pemeriksaan fisik yang khas menunjukan warna kekuning pada kulit dan sklera/putih mata. Warna kekuningan ini disebabkan rusaknya sel hati sehingga mengeluarkan senyawa bilirubin ke dalam darah.

TERAPI
Hepatitis A disebabkan oleh karena virus. Untuk itu, antibiotik tidak memiliki peran pada penanganan hepatitis A. Pemberian antivirus juga memiliki hasil yang tidak bermakna. Yang perlu diperhatikan pada penderita hepatitis A adalah daya tahan tubuh dan status gisi penderita . Diharapkan, daya tahan tubuh penderita yang baik akan meningkatkan laju pembersihan virus-virus hepatitis A. Apabila diperlukan pengobatan oleh karena tingkat keparahan infeksi virus yang berat, maka pemberian imunoglobulin dapat dipertimbangkan. Pemberian imunoglobulin yang baik adalah dalam jangka waktu 2 minggu masa infeksi.
Sekali lagi, prinsip utama penanganan hepatitis A adalah memberikan dukungan/suport bagi daya tahan tubuh, kenyamanan tubuh, dan nutrisi penderita. Penderita dengan hepatitis A yang tanpa komplikasi mampu mengalami penyembuhan sendiri tanpa mendapatkan terapi medikasi. Sekali Anda terkena hepatitis A dan mengalami kesembuhan, maka -dalam keadaan tubuh yang baik- Anda memiliki kemampuan seumur hidup untuk mencegah terjadinya infeksi hepatitis A.

PENGENDALIAN & PENCEGAHAN
Tingkat sanitasi yang baik merupakan langkah awal untuk mencegah terjadinya infeksi virus hepatitis A. Beberapa rekomendasi yang ditawarkan, khususnya pada daerah dengan kasus hepatitis A yang tinggi sepanjang tahun :
  • Cuci tangan sehabis buang air besar, setelah bermain di luar/bekerja, dan sebelum mengkonsumsi makanan.
  • Konsumsi makanan maupun minuman yang telah dipanaskan minimal dalam suhu 85 derajat celsius selama 1 menit. Pada suhu di bawah 85 derajat celsius virus hepatitis A masih mampu bertahan hidup. Jika hendak mengkonsumsi siput air, hendaknya dimasak lebih lama (>5menit) dengan suhu minimal 90 derajat celsius.
  • Alat-alat kerja yang digunakan pada media tanah maupun air hendaknya dibersihkan dengan sabun, lalu dikeringkan di bawah sinar matahari.
  • Lakukan imunisasi bagi Anda yang berada di daerah rawan hepatitis A atau memiliki faktor resiko hepatitis A. Terdapat dua tipe imunisasi hepatitis A yaitu aktif maupun pasif. Imunisasi aktif menggunakan virus hepatitis A yang telah dilemahkan/inactive, sedangkan imunisasi hepatitis pasif menggunakan imunoglobulin (suatu antibodi yang spesifik menyerang virus hepatitis A). Penggunaan imunisasi aktif disarankan pada usia minimal 2 tahun, dilakukan 2 kali dengan interval 6-12 bulan.
    Contoh imunisasi aktif yang telah diperdagangkan diantaranya Havrix®, Vaqta®, Epaxal®, and Avaxim®
Ingatlah selalu prinsip : pencegahan (hampir selalu) lebih baik daripada mengobati. Semoga informasi ini dapat berguna dan dapat diterapkan dalam kehidupan Anda.
Ø  Jika terdapat saran ataupun masukan, silakan menghubungi kami di kolom contact us.
Ø  Jika Anda memiliki pertanyaan masalah kesehatan silakan melihat kolom term.
 Sumber gambar :
1. http://xamthon.net/wp-content/uploads/2011/12/hepatitis-A-2.jpg
2.http://www.scottremley.com/viral_images/Hepatitis_A_Virus_Color.gif
3. http://www.nzdl.org/gsdl/collect/fnl2.2/archives/HASHae87.dir/p133c.gif

2 comments:

  1. Thank you for your attention on our Site. We hope we can fulfill your interest or need in medicine issue

    ReplyDelete

Apakah Anda memiliki pengalaman kesehatan seperti Artikel di atas ? Silakan berbagi kisah Anda dengan Kami....

Next Topic

> BERKENALAN DENGAN ANEMIA klik

> TRAUMA OLEH AIR KERAS klik




Anda Punya Saran atau Pertanyaan ? Silakan Hubungi Kami

Name

Email *

Message *