Hepatitis


Seorang bapak terhenyak saat mendengarkan hasil pemeriksaan fungsi hatinya tidak baik. Beberapa parameter yang menunjukan gangguan dalam fungsi hati terpampang di sana, seperti peningkatan SGOT/SGPT, peningkatan bilirubin, dan sedikit penurunan produksi albumin. Terjawab sudah penyebab keluhannya selama ini yang merasakan sering lemas, cepat letih dan rasa tidak enak pada bagian perut. Terlebih lagi, sang Istri mengatakan ada sedikit perubahan warna pada putih mata nya yang berubah menuju kuning.

***
: Lokasi hati di tubuh kita

Banyak hal dapat menyebabkan gangguan pada sel hati (hepatocyte), bahkan dapat menyebabkan kerusakan sel hati. Rusaknya sel hati oleh karena proses radang dikenal dengan sebutan hepatitis. Sel hati dapat diibaratkan balon yang di dalamnya berisikan air/senyawa khusus. Saat “balon” sel hati mengalami kerusakan, maka senyawa yang terdapat di dalamnya akan terlepas. Di dalam tubuh, senyawa itu akan beredar bersama dengan aliran darah. Senyawa yang terdapat di dalam sel hati itu ada yang disebut aminotransferase, di dalam pemeriksaan laboratorium dikenal dengan parameter SGOT dan SGPT. Itulah mengapa saat terjadi kerusakan pada sel hati maka kadar SGOT dan SGPT akan meningkat. Melihat hasil ini, dokter akan mulai mengarahkan pemeriksaan pada hati Anda.

Hepatitis dapat terjadi secara akut maupun kronik, tergantung lamanya kesakitan. Hepatitis dikatakan akut apabila terjadi kurang dari 3 bulan, sedangkan digolongkan hepatitis kronis apabila berlangsung lebih dari 3 bulan. Ada perbedaan gejala yang cukup khas pada ke dua golongan ini. Pada hepatitis akut, pasien sering mengeluhkan gejala lemas, mual, dan nyeri perut pada daerah kanan atas secara tiba-tiba. Sering kali disertai perubahan warna kulit dan putih mata (jaundice). Hasil laboratorium akan menunjukkan peningkatan SGPT/ALT lebih tinggi dibandingkan SGOT/AST.

Penyebab yang paling umum memunculkan hepatitis akut dapat dilihat dalam tabel berikut :

Penyakit/Penyebab Tanda pendukung
Hepatitis A Riwayat terpapar sumber infeksi (contohnya yang berasal dari makanan maupun minuman yang terkontaminasi virus Hep.A)
Hepatitis B Faktor Resiko penularan (lewat darah)
Obat-obatan Riwayat meminum obat-obatan dalam dosis berlebih, contoh : Asitaminophen
Alkohol Riwayat meminum alkohol secara berlebih
Ischemia hepatitis Riwayat hipotensi dan gangguan jantung
Sumbatan pada saluran empedu Riwayat nyeri perut hebat dan demam

: Alkohol dapat merusak hati Anda

Berlainan dengan hepatitis akut, gejala penderita hepatitis kronis cenderung tidak kentara (asimptomatis). Meskipun penderita merasakan lemas dan rasa tidak enak pada bagian perut sebelah kanan atas, namun gejala tersebut sering hanya dirasakan “biasa”. Hasil laboratorium menunjukan peningkatan SGPT dan SGOT, namun jumlah SGPT tidak terlalu tinggi, bahkan mendekati normal. Jangan membayangkan gejala yang lebih ringan daripada hepatitis akut ini menunjukan tingkat keparahan penyakit yang lebih ringan. Tidak! Sering malahan hepatitis kronis menyebabkan tingkat keparahan lebih tinggi daripada hepatitis akut. Ini karena kerusakan sel hati telah berlangsung lama hingga menyebabkan perubahan struktur hati. Kekawatiran terbesar apabila terjadinya perubahan struktur hati adalah munculnya kekakuan hati (cirrosis hepatis) dan kanker hati (hepatocell carcinoma).

Penyebab yang paling umum memunculkan hepatitis kronis dapat dilihat dalam tabel berikut :

Penyakit/Penyebab
Tanda Pendukung
Hepatitis C Faktor resiko (penularan melalui darah)
Hepatitis B Faktor resiko (penularan melalui darah)
Nonalkoholik steatohepatitis Kegemukan, diabetes militus, hiperlipidemia.
Penyakit hati karena alkohol (alcoholic liver disease) Riwayat penggunaan alkohol dalam jangka waktu lama, AST/ALT >2
Hepatitis autoimune Gangguan imun tubuh, umumnya terjadi pada wanita

No comments:

Post a Comment

Apakah Anda memiliki pengalaman kesehatan seperti Artikel di atas ? Silakan berbagi kisah Anda dengan Kami....

Next Topic

> BERKENALAN DENGAN ANEMIA klik

> TRAUMA OLEH AIR KERAS klik




Anda Punya Saran atau Pertanyaan ? Silakan Hubungi Kami

Name

Email *

Message *