Editorial




Hallow!

Bagaimana keadaan kesehatan Anda pekan ini? Kami harapkan selalu sehat.

Bagi Healthier yang berada di perkotaan, barangkali masalah kemacetan merupakan masalah yang umum dihadapi. Jarak tempuh yang seharusnya dapat dilalui dalam waktu hitungan menit, kini harus diperpanjang menjadi hitungan jam. Belum lagi masalah padatnya populasi penduduk di kota yang menyebabkan tata ruang maupun tata sosial yang sulit untuk harmonis. Ujung-ujungnya tindak kekerasan merajala lela di setiap sudut jalan. Tampaknya kota menjadi lampu yang berpendar terang, yang menarik banyak orang untuk mendekat dan berusaha mencari peruntungan di kota.

Beberapa berpendapat bahwa permasalahan-permasalahan di atas disebabkan oleh dua hal. Yang pertama masalah populasi penduduk yang meningkat tajam, dan yang kedua distribusi penduduk yang tidak merata. Populasi penduduk yang meningkat dikarenakan angka kelahiran yang tidak terkontrol. Banyak keluarga yang tidak lagi berusaha untuk mengatur jumlah anak sesuai dengan batas kamampuan keluarga, baik dari segi finansial maupun segi perhatian. Ketimpangan ini menimbulkan kualitas manusia-manusia yang dibawah sejahtera. Hasilnya, banyak penduduk yang dihasilkan namun memiliki nilai produktif yang rendah. Jumlah penduduk yang tinggi akhirnya bukan menjadi modal positif, malahan akan menyedot sumber daya negara.

Melihat keberhasilan program KB (Keluarga Berencana) di Indonesia dalam tahun-tahun yang lalu memberikan optimisme bahwa keluarga-keluarga Indonesia kini bisa kembali menyukseskan program KB tersebut. Suksesnya program KB tersebut tidak semata-mata untuk menyukseskan program pemerintah, melainkan untuk menyukseskan keluarga sejahtera yang akan dinikmati tiap-tiap keluarga di Indonesia. Mari kita bayangkan dalam tahun-tahun ke depan saat populasi Indonesia tetap meningkat namun dalam jumlah yang terkontrol, dengan dukungan finansial dan didikan yang baik, maka kita akan melihat peningkatan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Sangat mungkin di daerah perkotaan masalah-masalah seperti kemacetan maupun kawasan kumuh akan hilang karena peningkatan populasi sudah mulai terkontrol.

Dalam pekan ini, Tim Healthypedia akan membahas masalah KB terutama berkaitan dengan masalah kesehatan. Semoga informasi-informasi yang kami berikan akan memunculkan inspirasi bagi para Healthier.
Salam sehat selalu.


dr. Aloysius Yuwono S
Editor dan Penulis 

Sumber gambar : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEheyrFf1MOsa2uAzZQK_wKwtkwFxfm-IEKoptBegT98pC9Ug9UOW1xxCHA1poTUwEdSZDDEx60mU3Ui0nt3ICaIe3-wi-vsk0sP1_oHy1MWm4ELeRYKDpMZdUh07x_vi7-lSjC_zj76H3A/s1600/Kb+2.jpg

No comments:

Post a Comment

Apakah Anda memiliki pengalaman kesehatan seperti Artikel di atas ? Silakan berbagi kisah Anda dengan Kami....

Next Topic

> BERKENALAN DENGAN ANEMIA klik

> TRAUMA OLEH AIR KERAS klik




Anda Punya Saran atau Pertanyaan ? Silakan Hubungi Kami

Name

Email *

Message *